Zoom Meeting : Pelaksanaan Desk Perencanaan Penanggulangan Bencana (Desk PPB Ke-3)

Pangkalan Balai – Pelaksanaan Zoom Meeting Tentang Desk Perencanaan Penanggulangan Bencana (Desk PPB Ke-3) pada hari Rabu, 14 Juli 2021. Dalam mewujudkan visi Indonesia tangguh bencana untuk pembangunan berkelanjutan pada tahun 2045, sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 24 Pasal 35 dan 36, serta PP Nomor 21 Tahun 2008 Pasal 06, agar pemerintah daerah mempunyai perencanaan penanggulangan bencana.

Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara rutin melaksanakan Desk Perencanaan Penanggulangan Bencana sebagai sarana sosialisasi dan konsultasi secara substansi dan teknis penyusunan, implementasi, monitoring dan evaluasi serta integrasi perencanaan penanggulangan bencana ke rencana pembangunan dan perencanaan sektoral terkait. Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mengeluarkan Buku Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Tahun 2020 yang berisi nilai indeks risiko bencana dan capaian penurunan indeks risiko bencana di tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Terkait dengan hal tersebut perlunya dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman atas pemanfaatan IRBI Tahun 2020 dalam menciptakan ketangguhan.

Sehubungan dengan hal tersebut, BNPB mengundang Kepala Pelaksana Bappeda Provinsi di seluruh Indonesia, Kepala Pelaksana Bappeda Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia. Kegiatan zoom meeting ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banyuasin, Ir. Kosarodin, MM yang diwakili oleh Kassubid Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup, Fisop Nurhuri, S.Si., M.Si dalam Desk Perencanaan Penanggulangan Bencana dengan tema “Kupas Tuntas IRBI 2020 dan Implementasinya Terhadap Perencanaan PB dan Pembangunan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*